Bagaimana Saya Mengembangkan Remote Worker Indonesia — Part 11: Apa yang Menginisiasi Metodhology Gold-Backed Syrkah?

Ultron aja tahu kalau mau bangun sesuatu itu nilainya harus intrinsik. Dia pakai Vibranium. Lha masak kamu pakai hitung-hitungan if-then-else. Ditusuk pakai inflasi pecah bubble-mu. Btw, quote tersebut dari Matius 16:18. Saya Muslim, yes. Namun kebijakan itu bisa dari mana saja lho ya: tidak sangklek harus dari kitab suci yang kamu imani. Namun, tentunya untuk prinsip-prinsip bertauhid dan cara menjalankan ibadah, monggo berdasar agama dan kitab yang di-imani masing-masing. “Mau satu agama?”. Ya ga bisa. Memang itu bukan kehendak Tuhan. Karena itu, Bung Karno meletakkan dasar negara yang cerdas pada Sila I: Ketuhanan Yang Maha Esa. Lha masak semuanya mau dipaksa bilang Laa ilaaha illallah? Tiwas perang lagi…

Tahap Awal: Membangun Ibukota Baru

Bisa aja kita buat merchandise Jaket IKN, dan yang pakai itu kalau ke IKN boleh selfie di suatu tugu khusus tentang bagaimana IKN berdiri dengan modal dari rakyatnya. Visi itu gratis, jadi bebaskan aja visimu: termasuk bagaimana merancang ulang negaramu.

Konfigurasi Terkini Remote Worker Indonesia

Kilas Balik: “Valuash*it” Awal

Konfigurasi ini beberapa menggunakan nama asli. Tujuannya satu: yuk saya jelaskan apa yang membuat saya merancang Methodology Gold-Backed Syirkah

Kalau kamu totalkan, nilai dari semua funding tersebut adalah sebesar Rp. 368.500.000. Dengan menggunakan terminologi God-Backed.. ups, I mean, Gold-Backed Syirkah, nilai ini adalah Initial Intrinsic Gold Valuation.

Langkah Selanjutnya: Mana dong bagian saya?

“Samar-samar, rasanya ada istilah valu*si di st*rtup. Saya kasih nilai berapa ya ini Pythonthusiast?”

“Pak Eko, nama domainnya diganti aja itu. Susah sebutnya. Coba misal buat nama RemoteWorker.id”

Kesimpulan, nama Remote Worker Indonesia ini adalah ilham untuk Mas Iqbal dari Allah agar masyarakat Indonesia dimudahkan dalam penyebutan namanya.

Saya senang dengan konfigurasi ini: karena itu berarti saya bisa menjual bagian saya untuk mendapatkan modal tambahan yang akan dipakai untuk benefit usaha bersama. Ya kan? E cuman pada akhirnya saya mikir, “Wah, kalau dijual terus nanti habis dong?” Teknik dilusi juga ga saya sukai, karena itu akan nyekek investor lama (CMIIW). Yang saya sukai adalah Proportionally Distributed Wealth untuk sesama member. Namun ini jadi lebih mudah diatasi dengan konsep Single Round/Partner Locked-In.

Dari terminologi Gold-Backed Syirkah, maka nilai Rp 132.000.000 ini adalah Founder Appreciation.

Jangan Pernah Main-Main dengan Menertawakan Allah dan RasulNya

“wow… Udah sampe fatwa judi. Bye bye aja wkkk”

Jangan Mengumbar Aib Sesama Muslim

“Mas Surya, ga terima namanya diviralkan? Silahkan somasi nggih. Lagipula RWID sudah memiliki legal standing menjadi PT. PDIP = PT. Pekerja Daring Indonesia Perjuangan di Kemenkumham. Jadi kalau mau bawa salah satu lawyer-nya, nggih, sumonggo kerso. Kulo ngentosi dateng griya kulo

“Orang gila mana sih yang mau milih berangkat jam 5 pagi, pulang jam 11 malam untuk gaji yang cuman 5juta/bulan? Saya baktikan semua detak jantungku untuk sempurnakan RWID demi ibu-ibu yang harus tinggalkan anaknya berangkat ke kantor, demi calon ayah yang ingin melihat anaknya tumbuh kembang dan demi kalian para pemuda yang bosen disuruh garap kerjaan itu-itu aja”

Tapi, kebodohan itu ya jelas bukan aib dong ah. Dia ya sekedar state dimana manusia belum mendapatkan Cahaya Ilahi yang menerangi bathinnya yang tanpa ego, agar darinya bisa dimasuki Ilmu-Ilmu Laduni. “Manusia terbaik, adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Itu salah satu hadits Rasulullah, yang ruhnya saya temui disuatu Mimpi di tahun’99 .. dimana mimpi ini ternyata juga termasuk perkara yang dilecehkan Mas Surya yang teramat-sangat-cerdas dengan pemahaman bubble valuash*tnya. Pengetahuan tentang pelecehan kelewat batas ini, disampaikan ke saya oleh Mas Faisal Wira Kusuma — partner Bogor — seorang expert machine learning lulusan UK. Maturnuwun nggih.

Pentingnya Penguncian Rekan di Dalam Suatu Syirkah

“Maaf Mas Eko, uangnya mau saya ambil. Genteng di rumah bocor”

“Hm, menarik ini. Perbulan modal 5jt, bisa dapat profit 100ribu-an. Padahal dividen SIDO aja 1jt, dpt 9rb/tahun. Masuk ah, kalau sudah cuan beberapa kali, cabut!”

“Kamu akan membantu saya mewujudkan Indonesia sebagai Provider Remote Worker Terbesar di Dunia”

  1. Bagi hasil. Ini saya masih belum pastikan mau perbulan/pertahun. Maunya sih perbulan, tapi kok tangannya gempor nransfer 40an orang tiap akhir bulan. Ini dirembug nantilah. Mas Mentor sudah usulkan menggunakan teknologi blockchain. Mas Wasis juga begitu. Juga bli Marwana. Untuk itu, nantilah. Saya harus bersihkan RWID dulu.
  2. Setelah kita mencapai state Gold-Backed Syirkah, kamu akan mendapat Emas sejumlah penyertaaan dana awalmu. Dan kerjasama kita selesai. Misal masuk 1jt, nanti di akhir kamu akan dapat 1 gram emas. Emas-emas ini tiap bulan akan dicicil di Safe Deposit Box Bank BPD DIY dengan kuncinya berikut ini: nomor A-2–070. Oya, kamu ga perlu ke Jogja untuk mengambil emas batanganmu: kamu bisa sekedar beli di antam/pegadaian di tempatmu, dan kami dari RWID akan mentransfer biaya pembeliannya untukmu disana. Atau, ya kesini aja ke Jogja. Kita ngopi-ngopi sambil ngebakar rokok Surya-12. Hehe.
Kuning Kemilau yang Menyilaukan Mata… tapi hati-hati. Ini tetap dunia lho yaa. Jangan silap. Numpuk-numpuk gapapa, asalkan perhatikan nishob tahunan-nya aja.
Nyam nyam sekali melihat brankas yang akan berperan sebagai Gold-Vault tiap-tiap Syirkah yang ada di Indonesia.

Saya mau pakai istilah PATUNGAN: yang itu adalah esensi jati diri Bangsa Indonesia. Yaitu GOTONG ROYONG! Bukan Investor yang adalah ideologi KAPITALIS TERKUTUK!

Banggalah Menjadi Batu-Batu Penguat Bangsamu!

--

--

Founder of RemoteWorker.id, RemoteKid.id and inventor of Gold-Based Syirkah Methodology at gbsmethod.id

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store