Bagaimana Saya Mengembangkan Remote Worker Indonesia — Part 14: Apa Yang Akan Terjadi Jika RWID Berhasil Memenuhi Target Jumlah Gramasi Emas Modal Awal?

Jika RWID sudah mencapai status Landing, wuih, yuk saya paparkan apa skenario yang sudah saya susunkan untukmu. Ameer Basheer on Unsplash

Kenapa Kamu Wajib Menjauhi Orde Baru dan Kroni-Kroninya

“Sebentar Mas Eko, apa ga takut disomasi Cendana karena musuhin Order Baru? Gimanapun juga itu Presiden kedua kita yang tepat ini saat ini berulang tahun yang ke 101”

“Lah, pertama Orde Ba*u itu sudah tumbang. Juga saya sudah pertimbangkan kok semua kata-kata saya. Lha kalau ga mau dikatakan seperti itu, ya coba, tunjukkan bukti sejarah kalau Bung Karno ga didepak Orde Ba*u itu semata-mata karena kerasnya penentangannya terhadap Amerika dan sekutu-kutunya? Atau bahwa Bung Karno ga dibiarkan mati sendirian tanpa ada tim dokter yang menangani atau keluarga yang mendampingi?! Hih!”

“Hihi. Saya ga ikut-ikut deh yaa”

“Bangsa ini harus paham sejarah Bung Karno yang ditutup-tutupi ORBA”

“86 ndan!”

Namun, Pak Soeharto, Anda tetaplah punya andil yang … ah ga deh. Ga jadi. :( Anda meninggalkan sistem Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang mengakar kuat di negara ini. Tommy, Mbak Tutut, Pak Prabowo (Tolong buka link ini, dan katakan ke saya kamu ga gemes pingin *** dengan kata-kata, “Wo! Kepemimpinan itu KENGERIAN! Bukan ANUGERAH. Bukan untuk disujud syukuri. Sejatinya kamu harus pingsan jika dikatakan akan jadi Presiden! Bukan malah senang sampai sujud…”) dan lain kerabatmu kau jadikan memiliki semua channel menyerap darah bangsa ini (1). Sulit sekali melihat mana yang benar dengan tipuan jalan tol, swasembada pangan, repelita dan jargon-jargon politikmu yang lain. Kau sudah hancur diremukkan bumi dan akan menghadapi hisab yang berrratttt di Padang Mahsyar nanti. Itu hisab seorang pemimpin.
Macem apa itu ancamannya coba…
Hear hear, listen!

Okay, back to RWID…

“Kenapa harus 100% mas Eko? Misal.. 75%?”

“Ruwet ngitung bilangan gramnya. Misal kamu masukkan 1gram, maka di akhir periode kamu akan mendapatkan tepat 1 gram emas, sedangkan saya akan mendapatkan 0.75gram kan? Hadeuh, pricilan-pricilan 0.75 gram berarti didapat dari 0.5 gram + (0.1 gram x 2) + 0.05 gram. Wedew, mumet”

“Kalau misal 200%? Gimana? Jadi dengan konsep Proportionally Distributed Wealth, kalau sebelumnya dengan Founder Appreciation 100%, emas 1KG di ujung akan berubah menjadi 1KG (modal emas awal) + 1KG (founder appreciation) = 2KG, maka kalau kami berikan 200%, kan jadi lebih gede tuh? Jadi .. 1KG (modal emas awal) + 2KG (founder appreciation) = 3KG. Kan menarik kalau gitu.”

“Iya lebih gede, tapi kan waktunya jadi lebih lama. 100% sudah cukup dan adil. Jadi, jangan berlebihan”

“Tapi misal kita mau lanjut terus, gimana Mas Eko?”

“Boleh, tapi setelah modal awal emasmu kembali, kamu wajib mengambil emas ini. Apresiasi lebihnya, boleh nanti di akhir. Dan, kamu wajib melihat serta memegang emas ini. Ga boleh sekedar lihat dari Safe Deposit Box RWID”

“Siip. Eh nanti gimana cara bagiin emasnya?”

“Gampang. Emas itu nilainya sama aja dimana-mana. Kamu tinggal beli emas di kotamu, dan nanti kami akan transfer biaya-nya. Secara fisik, emas sudah ditanganmu. Namun RWID juga punya emas miliknya sendiri”

“Amiin. Insya Allah lancar. Gusti paringono kemudahan..”

Thanks to Mas Vebrian, member RWID untuk kelas Full Mentoring (Level 2), saya jadi fix menetapkan hanya ada Founder Appreciation 100%, tanpa ada konsep resiprokal appreciation dari founder ke pemodal, yang itu akan membuat kamu bisa memiliki balik modal 2x lipat (masuk 10gram, dapat 20gram, padahal juga sudah ada bagi hasil). Niat saya baik, tapi kalau seperti itu nanti jatuhnya riba. Dan, nettprofit bukan riba ya: itu adalah nisbah bagi hasil, yang jelas diperbolehkan. Ya kali kamu menanamkan modal 10gram, dan hanya dapat balik 10gram, padahal dengan 10gram itu kami di RWID bisa ngeboost sale sampai 10x dari 100jt/bulan jadi 1Milyard/bulan. Hehe. Commonsense aja kan Islam itu?

Apa Yang Bisa RWID Lakukan Dengan Tumpukan 2KG Emas?

“Pak Eko, saya lanjut lagi dong round selanjutnya. Sudah buka?”

“Hm, Mas Ranu, sejatinya RWID sudah self sustained lho ini. Sudah ada tumpukan 2KG Emas di Vault. Sejatinya sudah ga butuh lagi”

“Iya sih, tapi Pak Eko sudah memberi manfaat banget ini. Saya jadi ingin terus support. Mungkin emas 2KG sudah ada di vault, tapi kan itu tetep butuh di puter untuk menggerakan RWID? Nah gini aja gmn: gunakan emas itu sebagai backup / mitigasi resiko GBS, terhadap dana yang akan kami titipkan ke Pak Eko. Jadi karena RWID sudah punya 2KG emas, let say Pak Eko membuka pendanaan 1KG emas. Maka kami akan memasukkan emas sejumlah itu dalam bentuk uang, dan Pak Eko bisa bebas menggunakan uangnya untuk pengembangan RWID. Nah, kami juga lebih tenang karena RWID sudah punya backup emas tepat sama sejumlah uang kami. Ya kan? Tentunya aturan sebelumnya tentang ga boleh keluar selama round syirkah berjalan tetap sama”

“Great! Ide bagus. Siap”

“Nuwun Pak Eko”

“Sami-sami nggih”

Beli emas 10gram, gadaikan ke pegadaian, dapat 10juta, diemin. Santai aja kapan-kapan diambilnya. Wong ga ada batasan? 3 tahun kemudian harga emas turun, baru kalian tebus. He he he. Ga boleh itu. Sistemnya memang belum sempurna.

Mas Aryo ini pernah ditendang Andy dan masuk Tivi. Kick Andy. Cek disini.

“Mas Eko, kalau misalnya ada orang yang datang dengan ide syirkah gimana kita bisa percaya?”

“Hm, setidak-tidaknya dari cirlce internal dulu mas. Misal anak buah njenengan di Slab ada ide dan tentunya njenengan bisa menilai kan? Saya juga begitu. Ide dari member RWID yang sudah saya pahami baik-baik potensinya, akan bisa saya terima”

“Oh ya itu bisa”

Mas Feri saat ini sudah bersiap-siap masuk ke Universitas Ahmad Dahlan, jurusan Ilmu Komunikasi. Boleh jadi akhwat yang akan jadi pendampingnya ada disana lho. He he he

Don’t worry guys. I got Feri back here. He may propose the sum of let say Rp. 100.000.000, for his new idea about a new Syirkah. This amount of money will be use for him to make sure his operational can be backed up for a year. And you will also relieved from the insecurity that your money can go kaput. Rp 100.000.000 is just around 100gram in gold. And RWID have 2KG of it.

Memperluas Ide ini Ke Aspek Bernegara di Republik Indonesia

Saya punya niat (semoga Allah luruskan dan jaga niatnya), jika RWID sudah mencapai status landing (selesai mengembalikan modal emas), maka akan ada porsi Emas yang akan saya lock dan digunakan sebagai backup syirkah yang bisa dipergunakan untuk member internal RWID. Member ini tidak perlu memberikan / membayar segram-pun emas tambahan ke RWID. Member tersebut kewajibannya hanya melaporkan kinerjanya ke pemodal dan bagi hasil tiap bulan. RWID tidak menerima donasi untuk gold vaultnya ini. Jika gold vaultnya berkembang, maka perkembangannya hanyalah dari syirkah-syirkah baru yang dikembangkan oleh saya sebagai founder RWID. Clear? :)

Hanya saja, di Islam pajak itu hakikatnya ga boleh lho ya. Hanya boleh ke yang bukan Islam, namun berdiam di negara Islam. Gimanapun juga ngutip dari masyarakat itu ga asyik. Kalau negara mau dapat pemasukan tambahan: ya syirkah dong ah! Kalau sistem GBS ini sudah bisa dipahami dengan baik dan benar, maka negara tinggal buka sesi pendanaan dan lakukan persis sama seperti yang sudah saya paparkan di atas. Tentunya, untuk ini akan ada verifikasi dan audit penggunaan dana. Ya tentu ga boleh ajukan pendanaan emas untuk transplantasi rambut di Kemang misalnya.

Standup harian/mingguan untuk para inventor-inventor baru ini bisa dilakukan secara remote ke lembaga baru yang berada di bawah — kemungkinan — Lembaga Manajemen Asset Negara. Sehingga para PNS-PNS di LMAN akan bisa menikmati kerja remote yang pertama di Indonesia. Seru kan ini untukmu?

Kuncinya Adalah Pemahaman Terhadap Sistem

“Meski ayahku seorang pelaut,

aku seorang programmer” 😎

“One must fully understand the system and all of its intricacies in order to build a computer program”

Gabungan antara berbagai elemen untuk mencapai satu tujuan yang sama

“Solusinya gimana Pak Eko?”

“Sebagai seorang muslim, tentu saya berprinsip: kalau dunia mulai kacau, pasti ada penerapan cara berkehidupan kita yang salah, yang melanggar hukum alam/sunatulloh. Ada suatu prinsip penting yang kita abaikan: entah karena kita ga paham, atau karena kita memang sontoloyo”

“Dan Pak Eko bisa menemukan apa yang salah itu?”

“Kalau iyapun, itu bukan dari saya. Dari Yang Di Maha Tinggi. Saya sendiri sekedar berusaha menemukan solusi untuk permasalahan bubble valuashit dan PHK startup yang besar-besaran ini, lewat sistem syirkah yang dibackup oleh Emas”

“.. itu pengaruhnya bisa sampai meluas?”

“Dalam hitung-hitungan saya, bisa. Namun, sekali lagi wallahu a’lam. Kita lihat saja”

“Amiiin”

Payung Hukum Gold-Backed Syirkah dan Mitigasi Resiko

“Jadi kalau untuk saat ini, misalnya saya ikutan patungan ke RWID, ga ada payung hukumnya?”

“Gak”

“Lha terus gimana?”

“Karena itu saya ga akan promote ini secara publik kok. Yang boleh ikut patungan hanya keluarga besar RWID, yang sudah ikut mentoring Level 0 s/d 4. Yang sudah intense berinteraksi dengan saya lewat WhatsApp, WAG, Zoom atau Discord. Yang sudah tau seluk beluk awalmula RWID: tantangan, permasalahan dan solusi yang sudah ditemukan dan lain sebagainya. Yang paham banget gelora saya dalam mengembangkan RWID ini dan apa hakikat tujuan yang ingin dicapai”

“I see. Tapi untuk jaminan keamanannya gimana Pak Eko? Misal ada apa-apa dengan Pak Eko.. gimana dana kami?”

“Great. Saya sendiri mulai minggu ini sedang menyiapkan berbagai mentor dari disiplin skill remote yang berbeda. Saya sedang persiapkan jika saya dipundhut (hehe), maka RWID tetap akan bisa berjalan. Namun tetap, itu resiko terbesar. Jadi, kalau kamu berpikir usia saya ga akan mencukupi sampai emas modal awal terkumpul .. maka jangan ikut patungan. Kalau ada apa-apa, saya ga akan menjaminkan rumah dan mobil saya untuk penggantinya lho ya. Itu hak anak dan istri saya dong. Bukan hak pemodal. Bisa dipahami?”

“I see. Jadi sebaiknya gimana Pak Eko?”

“Lho ya dikembalikan ke dirimu aja: seberapa besar keyakinanmu dengan visi saya, kesehatan saya untuk mewujudkan visi itu dan tentunya laporan profit loss yang bisa kamu cek disini, untuk bagian dari estimasi ROI-mu. Tapi secara ringkasnya: gunakan uang dingin. Yaitu uang yg bukan uang operasional bulanan. Uang yang ga akan ngebuat kamu nangis kalau tiba-tiba saya dipundhut Yang Maha Kuasa”

--

--

Founder of RemoteWorker.id, RemoteKid.id and inventor of Gold-Based Syirkah Methodology at gbsmethod.id

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store