Bagaimana Saya Mengembangkan Remote Worker Indonesia — Part 15: Prinsip-Prinsip Kerjasama Antara Pemodal dengan RWID menggunakan Gold Based Syirkah Methodology

Saya saat ini sedang berada di Nawang Jagad, dan Part 15 ini saya tulis sepanjang menunggu matahari terbit, setelah tadi jamaah subuh yang saya cukupkan berdua dengan putra saya, Al-Kahf

Prinsip Utama Pendirian Syirkah

Memakmurkan bumi sesuai dengan tujuan diturunkannya manusia di Bumi sebagai khalifatullah/pengganti Allah memimpin Bumi. Syirkah harus menghasilkan produk atau jasa yang bermanfaat bagi sesama manusia, yang tidak menyelisihi aturan beragama dan bernegara.

Empat Prinsip Aturan pada Gold Based Syirkah / The Four Principles in Gold Based Syirkah

  1. PRINSIP 1-MUSYAWARAH: Kepemimpinan terpusat pada Founder dengan pemecahan berbagai keputusan bersama lewat musyawarah via Zoom atau Offline, dimana Founder akan mendengarkan semua usulan secara berimbang dan kemudian bershalawat sebelum memutuskan: baik keputusannya diambil dari pemodal atau benar-benar ilham yang baru. Tidak ada voting. Sebaik-baiknya mufakat/aklamasi. Tidak ada kondisi dimana pemodal yang lebih besar bisa memaksakan keputusan ke Founder dan pemodal kecil. Jika salah satu pemodal usulannya diterima, maka perbanyak Istighfar: karena boleh jadi usulannya akan membawa kerugian. Jika usulannya ditolak, maka perbanyak Hamdalah: karena boleh jadi usulan pemodal lain yang akan membawa banyak manfaat. Setelah keputusan diambil, semua pemodal wajib menaati dan mendoakan sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing agar keputusan tersebut tidak membawa keburukan pada Syirkah.
    Capitalism and voting no more! 😡 Yang ada adalah Musyawarah untuk Mufakat: Demokrasi Pancasila yang Berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa 😇
  2. PRINSIP 2-MODAL AWAL: Modal yang dikumpulkan di awal sebelum dimulainya syirkah, akan disetarakan dengan gramasi emas, dimana modal ini bukanlah hutang: yang artinya, jika Syirkah gagal beroperasi dan merugi terus-menerus sampai akhirnya bangkrut, maka tidak ada kewajiban bagi Founder untuk mengembalikan modal. Tentunya ada proses auditing terhadap penggunaan modal, sehingga jika ada asset yang dibeli dari modal maka asset tersebut layak dicairkan dan dikembalikan secara proporsional kepada Pemodal.
  3. PRINSIP 3-BATAS WAKTU: Untuk memutus penguasaan secara seumur hidup terhadap Founder dari para pemodal, dibuat pembatasan waktu kerjasama Syirkah yang waktunya ditentukan jika 1/3 bagi hasil yang dikumpulkan tiap periode berhasil mencapai gramasi modal emas awal. Tanda dari penyelesaian Syirkah adalah dikembalikannya gramasi modal emas awal tersebut kepada semua pemodal.
  4. PRINSIP 4-BAGI HASIL: Setiap periode, dihitung laba dengan rumus: laba = sale — cost. Cost meliputi biaya operasional, gaji founder dan gaji staff. Laba dibagi menjadi tiga pos: (1) Profit share ke Pemodal secara proporsional sesuai dengan prosentase modalnya terhadap modal keseluruhan. (2) Profit share ke Founder. (3) Pembelian emas untuk Pemodal sesuai PRINSIP 3, dimana disini Founder tidak memiliki hak sama sekali. Tiga post ini, besaran prosentasenya bisa diputuskan kemudian melalui mekanisme PRINSIP 1, jadi tidak wajib 1/3 untuk masing-masing post.

Tiga State Syirkah Pada Gold-Backed Syirkah / Three Syirkah State in Gold-Backed Syirkah

  1. Onboarding: kondisi dimana Syirkah sedang mengumpulkan Pemodal yang percaya pada tujuan, kredibilitas dan auditabilitas Founder
  2. Flight: kondisi dimana Syirkah mulai bergerak menjalakan aktivitas ekonomi yang menghasilkan profit/loss per periode. Setelah flight, Pemodal tidak diperbolehkan keluar dari kerjasama Syirkah, kecuali ada mosi tidak percaya yang boleh diajukan secara perseorangan atau bersama-sama terhadap Founder. Keputusan tentang ini, harus melalui mekanisme Musyawarah sesuai PRINSIP 1.
    Catatan: celah ini bisa dipergunakan oleh spekulan untuk mengambil keuntungan singkat terhadap aktivitas ekonomi Syirkah. Karenanya, jika ada Pemodal yang meminta keluar, maka pemodal tersebut harus menyampaikan mosi tidak percayanya pada sidang Musyawarah Mufakat. Dan keputusan boleh keluar atau tidak, akan diputuskan sesuai PRINSIP 1.
  3. Landing: kondisi dimana Syirkah sudah menyelesaikan tujuannya mengumpulkan kembali modal awal berupa emas yang dibeli dari 1/3 profit per periode. Modal emas dikembalikan dan aktivitas Syirkah selesai. Dalam kondisi dimana Pemodal ingin melanjutkan kembali kerjasama, maka hal tersebut akan diputuskan kembali lewat mekanisme Musyawarah Mufakat sesuai PRINSIP 1.

Penghapusan Konsep Founder Appreciation

Setelah sebelumnya saya memikirkan konsep Founder Apprecation from Financier dan Reciprocal Founder Apprecation to Financier berupa emas 100% dari total modal emas yang dikumpulkan, maka setelah melalui beberapa pertimbangan, maka konsep ini saya hapus.

  1. Founder sudah mendapatkan 1/3 profit share tiap periode
  2. Menambahkan tujuan baru berupa penambahan emas yang harus dihasilkan, akan membuat State Flight lebih lama tercapainya.

Tiga Laporan Keuangan yang Ada: Cost Breakdown, Profit Loss dan Profit Share Distribution

Dengan PRINSIP 4, maka Founder hanya perlu menunjukkan secara transparan tiga report berikut:

  1. Breakdown detail cost per periode. Cost breakdown.
  2. Berapa laba tiap periode. Profit loss.
  3. Breakdown alokasi profit ke tiga post sesuai dengan Prinsip 3.

Satu Asset Yang Dihasilkan: Emas, Tidak Ada yang Lain

Dengan PRINSIP 4, dimana alokasi profit sudah amat-sangat-jelas, maka hanya ada satu laporan asset:

Berapa emas milik pemodal yang sudah terkumpul kembali?

Profit share ke Pemodal, sudah menjadi hak milik Pemodal: penggunaannya sudah diluar hak Syirkah. Profit share ke Founder, sudah menjadi hak milik Founder: penggunaannya sudah diluar hak Syirkah. Asset berupa emas ini disimpan di Safe Deposit Box a.n. PT. tempat Syirkah bernaung. Jika asset sudah terkumpul sesuai modal awal dan dikembalikan semua ke Pemodal, kerjasama antara RWID dengan Pemodal selesai. Alhamdulillah.

Ini adalah kunci Safe Deposit Box milik Syirkah Remote Worker Indonesia yang bernaung di bawah PT. PDIP (Pekerja Daring Indonesia Perjuangan) di Bank BPD DIY a.n. Eko Suprapto Wibowo dengan nomor kunci: A-2–070

--

--

Founder of RemoteWorker.id, RemoteKid.id and inventor of Gold-Based Syirkah Methodology at gbsmethod.id

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store