Studi S2 Magister Ilmu Ekonomi UII: Bagaimana Uang Tercipta dan Bagaimana Peran Bank dalam Menciptakan uang? Bagaimana Model Penciptaan Ekonomi dalam Ekonomi Islam?

Sifat Serakah Adalah Kunci yang Membuat Sistem Ekonomi Berputar

Perhatikan hadits berikut ini,

Terbentuknya Pasar Real

Hanya saja, sifat tamak manusia ini selain menjadi kunci perputaran perekonomian dunia, namun juga bisa menjadi kunci kerusakan. Dan memang demikianlah adanya karena manusia memang mendapatkan dua petunjuk: kejahatan dan ketakwaan.

Penciptaan Uang

Namun kesulitan selanjutnya muncul: melakukan barter untuk barang yang bisa memiliki satuan kecil, akan mudah. Segenggam garam akan mudah ditukarkan dengan sejumput padi. Bagaimana dengan ternak? Tentunya ternak harus disembelih terlebih dahulu untuk bisa dibarterkan bagian-bagiannya. Namun bagaimana jika proses barter tersebut sesungguhnya hanya membutuhkan bagian paha dari ternak, karena diantaranya pembeli memang hanya memiliki garam dengan jumlah yang bisa ditukarkan sejumlah paha ternak? Akan terjadi kesulitan dari pemilik ternak karena dia ingin menjual ternak utuh dalam kondisi hidup misalnya. Dan berbagai macam kerumitan lainnya.

Perbankan Sebagai Institusi yang Berhak Menciptakan Uang

Pada perkembangan selanjutnya, manusia menciptakan inovasi uang berupa uang kertas, yang pencetakannya hanya boleh dilakukan oleh negara sebagai penguasa suatu daerah. Pencetakan uang modern menggunakan emas sebagai basisnya sudah dimulai dari tahun 1870, namun pada tahun 1977 Amerika Serikat secara sepihak memutuskan tidak menggunakan emas sebagai dasar pencetakan uang. Presiden Nixon sebagai presiden saat itu melakukan tindakan itu sebagai cara mencegah negara-negara lain menukarkan dollar ke emas dan juga untuk melawan inflasi di negaranya.

Sistem Ekonomi Islam adalah Sistem Ekonomi Berbasis Pasar Real

Quran Surat Al-Baqarah: 276 adalah ayat lanjutan setelah sebelumnya menyatakan dengan tegas halalnya jual beli dan haramnya riba

  1. Jual beli sebagai tulang punggung penggerak ekonomi
  2. Alat tukar berupa uang, bukanlah komoditi. Karena jika dia diperjualbelikan, akan ada selisih harga yang itu berarti pertukaran terhadap komoditas yang tidak sama, sehingga selisihnya adalah riba
  3. Sedekah adalah sarana yang akan menghancurkan riba, namun dalam konteks ini penulis lebih setuju sedekah harus bersifat produktif agar meningkatkan perekonomian berbasis pasar nyata, jual beli.
  4. Jual beli yang berarti pengembangan solusi terhadap suatu permasalahan yang bernilai ekonomis, dikerjakan secara syirkah/musyarakah, sehingga disitu ada pencipta solusi, pemodal dan bagi hasil. Point ke-4 inilah yang akan bisa menjadi sarana memusnahkan riba. Yaitu dengan menciptakan unit-unit syirkah berbasis pemodalan bagi hasil atau sedekah

--

--

Founder of RemoteWorker.id, RemoteKid.id and inventor of Gold-Based Syirkah Methodology at gbsmethod.id

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store